oleh

Babinsa Bersama Gapoktan Mudirejo Kompak Gropyok Basmi Serangan Tikus



Brebes – Babinsa Rengsabandung Serma Wahyu Widiyarto Koramil 02 Jatibarang Kodim 0713 Brebes melaksanakan karya bakti Gropyok tikus di Gapoktan Mudirejo Desa Rengasbandung, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Kamis (23/06/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Rengasbandung Wuryanto, SE, Babinsa Desa Rengasbandung Serma Wahyu Widiyarto, Dinas pertanian dan ketahanan pangan Kecamatan Jatibarang Maryadi, Petugas PPL wilayah Jatibarang, anggota Gapoktan Mudirejo  Desa Rengasbandung dan para petani dan masyarakat.

Serma Wahyu Widiyarto menjelaskan bahwa saat ini banyak sekali hama tikus yang meresahkan petani tidak mengakibatkan sampai gagal panen/fuso tetapi mengakibatkan penurunan hasil panen hingga 10 %, untuk membasmi tikus poktan tani makmur inisiatif mengadakan Gropyok Tikus dengan cara pengemposan menggunakan belerang karena lebih aman dibandingkan dengan setrum tikus yang berbahaya terhadap jiwa manusia.

Menurut Serma Wahyu Widiyarto langkah gropyokan akan rutin digelar oleh para petani setempat, karena dinilai bisa mengurangi jumlah populasi tikus. Selain itu warga juga menerapkan metode pembasmian dengan cara lain, mulai memasang jebakan hingga penyebaran racun tikus.

“ Petani itu kan pejuang pangan, maka harus selalu didukung kegiatannya. Di sini kita akan terus hadir untuk memastikan petani dapat beraktivitas secara nyaman dan terselesaikan berbagai permasalahannya “ imbuh Serma Wahyu Widiyarto. (Pendim0713).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed