oleh

 Bekas Lapangan Terbang TNI–AD di Songgom Brebes Juga Ditanami Pohon Produktif

Brebes – Sambut HUT TNI ke-77 5 Oktober 2022, Kodim 0713 Brebes juga melakukan kegiatan penghijauan di lahan milik kodim bekas Lapangan Terbang TNI–AD seluas 11,6 hektar, di Desa Songgom Lor, Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Senin sore (3/10/2022).

Disampaikan Dandim Brebes Letkol Infanteri Tentrem Basuki melalui Mayor Infanteri Solekhudin (Danramil 03 Wanasari), ada sekitar 300 bibit pohon produktif yang akan ditanam yaitu bibit rambutan, durian, jambu, dan pete.

“Buah dari bibit pohon yang akan ditanam nantinya diharapkan juga bisa bermanfaat bagi warga masyarakat di sekitarnya,” bebernya.

Lanjut Solekhudin, bibit-bibit pohon tersebut merupakan bantuan dari Balai Penyemaian Bibit Desa Baros, Kecamatan Ketanggungan.

Pihaknya juga melibatkan Forkopimcam Songgom, Komcad, dan juga anggota Saka Wira Kartika binaan Koramil 17 Songgom.

“Kegiatan seperti ini merupakan momen bagus untuk meningkatkan sinergi dan silaturahmi dengan masyarakat sekitar,” imbuhnya.

Terlepas dari reboisasi, sebelumnya kodim telah memanfaatkan 2 hektar lahan tidur di bekas lapangan terbang TNI–AD itu untuk tanam jagung hibrida BISI 79, BISI 321 Simetal, dan BISI 322, dimana saat ini usia rata-rata mencapai 1,5 bulan dan sudah tampak menjulang dalam foto di atas.

Pemanfaatan lahan tersebut merupakan salah satu upaya kodim dalam program ketahanan pangan pemerintah yaitu menstabilkan harga jagung di pasaran. Untuk penggarap lahan dan penanam jagung adalah petani dari Poktan setempat, dimana hasilnya nanti bagi hasil dengan kodim. (Aan/Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed