oleh

Dandim Letkol Haikal Kunjungi Koramil 13 Salem Brebes

Brebes – Komandan Kodim (Dandim) 0713 Brebes Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan, melaksanakan kunjungan ke Koramil 13 Salem, Selasa (18/11/2020).

Dalam arahannya, Dandim meminta seluruh Anggota Koramil tetap menjalin sinergi bersama Tiga Pilar, stakeholder dan tokoh masyarakat. Sinergi khususnya dalam situasi  tanggap darurat  bencana alam di musim hujan seperti saat ini.

“Memasuki musim hujan, harus ada kesiapsiagaan terhadap kemungkinan bencana alam yang terjadi seperti banjir, tanah longsor dan angin kencang. Tentunya ini merupakan tugas kita bersama dalam penanggulangan bencana alam yang bisa datang kapan pun,” tegas Dandim Letkol Haikal.

Di kesempatan ini Dandim juga berpesan, kepada Satuan Koramil khususnya para Babinsa harus aktif terjun ke wilayah dalam rangka memonitor wilayah binaannya. Serta melaksanakan tugas yang sudah diberikan oleh Komando atas dengan penuh tanggung jawab.

Dandim juga mengingatkan kepada seluruh Prajurit beserta keluarga untuk selalu menjaga kesehatan dengan cara rajin berolah raga dengan teratur dan yang paling utama yaitu seluruh Anggota Kodim wajib untuk menghindari pelanggaran sekecil apapun.

“Laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, tetap semangat, kompak dan tetap jaga kesehatan serta hindari pelanggaran sekecil apapun karena itu dapat merugikan diri kita sendiri serta satuan kita,” imbuhnya.

Untuk diketahui Kunjungan Dandim ini merupakan program komando atas dalam rangka untuk mengetahui situasi dan Kondisi Kecamatan Salem yang merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Brebes bagian Selatan sebelah barat. Kecamatan ini merupakan daerah yang dikelilingi pegunungan dengan ketinggian antara 400-900 mdpl dengan suhu udara berkisar 16-22 °C. Kecamatan ini umumnya memiliki topografi berupa pegunungan dan perbukitan dengan sebuah lembah dan daratan rendah yang luas di bagian tengah sehingga mirip seperti mangkuk. Di sebelah utara terdapat Pegunungan Lio Kumbang yang memanjang dari batas Jawa Barat ke timur dibatasi aliran Sungai Pemali dengan sejumlah puncaknya seperti Gunung Pojoktiga, Gunung Lio, Gunung Kumbang, Gunung Sagara dan lainnya. Sementara di bagian selatan terdapat Perbukitan Baribis Kutabima. Dengan kondisi daerah tersebut wilayahnya merupakan daerah yang masih cukup terisolir.

Sungai besar yang ada di wilayah ini adalah Sungai Cigunung dan Sungai Cibinong. Sungai Cigunung yang berhulu di gunung Pojok Tiga, melewati desa Tembong Raja, Indrajaya, Banjaran Salem dan Bentarsari dan Cibentar dan bermuara ke Sungai Pemali. Luas Wilayahnya berdasarkan Peraturan pemerintah Nomor 22 Tahun 2007 lebih kurang 15.402 ha terbagi menjadi 21 Desa. Kondisi wilayah Kecamatan Salem terdiri dari tanah sawah 2.642 Ha ( 17 %, ) tanah Kering 4.286 Ha ( 28 % ), hutan Negara 8.474 Ha ( 55 % ). Dengan daerah yang dimiliki tersebut, maka secara militer wilayah Salem merupakan daerah pertahanan yang efektif. Dengan menyandang daerah pertanian yang subur, maka tidak aneh wilayah kecamatan Salem merupakan daerah strategis secara politis. (Utsm)

x

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed