oleh

Gokasi Brebes Juara Umum Kejuaraan Karate 234 SC Cup Brebes 2021

Brebes – Kejuaraan karate yang bertajuk Karate 234 SC Cup Brebes yang dilangsungkan di GOR Sasana Krida Adhikarsa Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, resmi ditutup, Gokasi Brebes berhasil menjadi juara umum dengan perolehan 40 medali dari 104 medali yang diperebutkan. Minggu malam (21/11/2021).

Sebanyak 318 peserta yang berasal dari 6 perguruan karate di Kabupaten Brebes dan Tegal (Gojukai, Gokasi, Inkai, Shindoka, Goju Ass, dan BKC), bertanding selama dua hari kejuaraan (20-21 November 2021) di dua kelas (kata perorangan dan kumite), yang terbagi dalam kategori usia yaitu pra usia dini (7-9), usia dini (9-10), pra pemula (11-13), pemula (13-15), kadet (15-17), junior (17-19), under 21, dan veteran (kata).

Untuk juara umum kedua diraih Shindoka Brebes dengan 35 medali, kemudian juara umum ketiga diraih Inkai Kodim 0712 Tegal A dengan menggondol 29 medali.

Disampaikan Ketua Karate 234 SC Cup Brebes, Fauzan Rasyid (Ozi), bahwa kejuaraan ini diharapkan mampu memacu semangat para karateka yang telah lama vakum bertanding terkait pandemi covid-19 sejak 2019 lalu.

“Dengan adanya kejuaran ini maka kita harapkan dapat menjadi wahana bagi atlet untuk kembali mengasah kemampuannya, serta menumbuhkan bakat bagi atlet muda karate di Kabupaten Brebes,” ujarnya.

Lanjutnya, turnamen ini juga untuk menumbuhkan rasa solidaritas bagi pengurus dan anggota 234 SC.

Sementara itu Ketua Panitia kejuaraan tersebut, Sidik Pamungkas mengemukakan, estimasi peserta yang mengikuti kejuaraan hanyalah 200 orang, namun pada pelaksanaannya membludak sampai 318 peserta.

Menurutnya, animo peserta sangat luar biasa untuk mengikuti ajang yang terbuka bagi umum tersebut, sehingga itulah yang membuat persaingan jadi semakin ketat.

Ia berharap anak-anak pelajar SD, SLTP, dan SLTA sederajat yang mengikuti kejuaraan itu, kedepannya dapat berprestasi yang lebih baik lagi sehingga mengharumkan Brebes ke tingkat nasional.

Apresiasi juga disampaikan Koptu Willy Laiyan, Simpei Perguruan Inkai Dojo Kodim 0712 Tegal dan Kodim 0713 Brebes, menurutnya dengan jumlah peserta sebanyak itu jelas menunjukkan atlet karate di kota bawang sangat potensial untuk terus dikembangkan.

“Dari segi prestasi saat ini, atlet-atlet karate di Kabupaten Brebes sudah meningkat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Puji Tuhan, 40 anak Inkai Brebes akan saya bawa bertanding pada 10-12 Desember 2021 nanti, dalam Kejuaraan Karate Piala Ketua Forki Brebes,” ujar Dan III yang juga anggota provost Kodim Brebes itu.

Walaupun hanya berhasil menjadi juara umum III, namun ke-29 medali yang berhasil digondol itu hanya merupakan perjuangan dari 25 karateka cilik Inkai Dojo Kodim 0712 Tegal yang dibawanya bertanding.

Terpisah disampaikan Serma Sriyanto selaku Ketua Dojo Kodim Brebes, bahwa dirinya bangga karena ke-23 anak didiknya yang ikut dalam kejuaraan tersebut mampu menyumbang 7 medali (3 perak dan 4 perunggu) untuk menambah pundi-pundi media kontingen Gokasi Brebes.

“Ini luar biasa, dari 23 anak Dojo Kodim Brebes ini berhasil menyumbangkan 7 medali walaupun mereka hanya berlatih selama 2 minggu dan baru pertama kali bertanding,” ucapnya mengapresiasi (22/11).

Hadir dalam penutupan ini antara lain Ketua Forki Brebes Waidin, Danramil 01 Brebes Kapten Infanteri Kunpriyanto SE, serta Penasehat Kereta 234 SC Regwil Brebes Wahyudin Noor Aly. (Aan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed