oleh

Kodim 0713 Brebes Masa Tanam Yang Kedua di Demplot Ketahanan Pangan Jagung

Brebes – Kodim 0713 Brebes melakukan tanam jagung tahap kedua di lokasi Demplot Lahan Milik TNI AD seluas 2 Hektar di Desa Songgom, Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Rabu (04/01/2023).

Demplot pertanian Kodim tersebut dalam upaya untuk mendukung program Ketahanan Pangan. Penanaman jagung dilakukan oleh Kodim 0713 Brebes, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Brebes bersama Gapoktan dan Babinsa.

Dandim 0713 Brebes Letkol Infanteri Tentrem Basuki mengatakan, Program ketahanan pangan berupa penanaman jagung oleh anggotanya bersama Gapoktan Desa Songgom dilakukan dilahan demplot milik TNI AD. Pembangunan demplot pertanian untuk ketahanan pangan sendiri merupakan program dan perintah dari Satuan Komando Atas yaitu Mabes TNI AD yang mana satuan komando teritorial diperintahkan untuk melaksanakan kegiatan penyelenggaraan pembinaan ketahanan pangan.

“Program ini bertujuan untuk membantu meningkatkan program Pemerintah Daerah untuk pencapaian pemenuhan hak atas pangan, meningkatkan ketahanan pangan nasional dan lokal, serta meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat guna kepentingan pertahanan negara,” ungkap Dandim.

Dikarenakan tidak mempunyai lahan pertanian sendiri, lanjut Dandim, upaya yang dilakukan oleh Kodim dengan cara berkoordinasi dengan Pemerintah daerah dan Dinas Pertanian untuk mendapatkan lahan pertanian serta mendapatkan bantuan bibit ataupun pupuk. Dandim juga mengucapkan terima kasih pada Pemerintah Daerah yang telah membantu terlaksananya kegiatan ketahanan pangan tersebut.

Sementara salah satu petani penggarap Demplot Keron (56) asal Desa Songgom menyampaikan apresiasinya pada Kodim yang telah membangun lahan demplot pertanian penanaman jagung didesanya.

Dikatakannya, bahwa Keron bersama petani yang lain bisa mendapatkan pekerjaan dengan memelihara dan mengelola Lahan Demplot Tanaman Jagung milik TNI AD Kodim 0713 Brebes.(Pendim0713).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed