oleh

Latih PBB, Babinsa Bentuk Karakter dan Kedisiplinan Khusus Untuk Paskibra SMP N 4 Jatibarang

Brebes – Bintara Pembina Desa (Babinsa ) merupakan ujung tombak satuan teritorial TNI-AD, Serma Wahyu Widiyarto Babinsa Koramil 02 Jatibarang Kodim 0713 Brebes bersama Babhinkamtibmas Polsek Jatibarang melaksanakan kegiatan pelatihan Paskibra SMP N 4 Jatibarang di Desa Rengasbandung, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Rabu (20/07/2022).

Serma Wahyu Widiyarto mengatakan bahwa latihan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan para siswa-siswi agar lebih disiplin dan menguasai gerakan demi gerakan sebagai pasukan pengibar bendera, sekaligus untuk membina para Paskibra agar dapat melaksanakan tugas sebagai pengibar bendera dengan baik nantinya.

“Tujuan latihan ini untuk membentuk dan memupuk jiwa nasionalisme. Dalam kegiatan tersebut Babinsa melatih secara teori, praktek peraturan baris berbaris dan disiplin. Derap langkah yang tegas dan kompak akan sangat mempengaruhi jiwa dan semangat Paskibra untuk melaksanakan tugas. Karena Kekompakan anggota Paskibra tercermin dari sikap disiplin dalam melaksanakan baris berbaris dan membentuk formasi,” ujar Serma Wahyu Widiyarto.

Ia mengatakan pembinaan dan pelatihan Paskibra tidaklah cukup hanya dengan belajar baris berbaris saja, karena tujuan latihan Paskibra adalah untuk menciptakan kader-kader terampil dan pintar serta mengenal bangsa dan negara sehingga pada akhirnya terbentuklah generasi bangsa yang kuat baik secara fisik, mental, maupun pikiran, Ungkapnya.

Sementara Kepala Sekolah Suparno S.Pd M.Pd sangat antusias dengan apa yang telah dilakukan oleh Babinsa dan Babhinkamtibmas, karena dengan pelatihan Paskibra dari awal seperti ini akan menambahkan pengetahuan dan rasa disiplin yang tinggi sehingga mereka bisa mengerti dengan arasa tugas dan tanggungjawabnya nanti saat menjadi Pasukan Pengibar Bendera”. Tutur Kepala Sekolah.

Dalam memberikan latihan, selain menerapkan protokol kesehatan Babinsa juga memberikan imbauan untuk selalu patuhi protokol kesehatan terutama saat berkegiatan di luar rumah terkait pandemi yang belum usai. (Pendim0713).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed