oleh

Puting Beliung Rusak Rumah Warga di Siwungkuk Wanasari Brebes

Brebes – Dua rumah warga di Desa Siwungkuk, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, rusak akibat angin puting beliung pada Sabtu sore 29 Mei 2021.

Disampaikan Danramil 03 Wanasari, Kodim 0713 Brebes, melalui Babinsa setempat, Pelda Saryo, kejadian terjadi sekitar pukul 14.30 WIB, di RT. 10 RW. 3.

“Rumah Pak Syukri (41) dan Ibu Sumyati mengalami kerusakan cukup parah,” terangnya, Minggu pagi (30/5/2021).

Dijelaskannya mendetail, kejadian bermula saat wilayah Kecamatan Wanasari diguyur hujan deras, termasuk wilayah Desa Siwungkuk. Hujan kemudian juga disertai angin kencang/puting beliung selama kurang lebih 25 menit.

Tidak ada korban jiwa dari peristiwa itu, namun kerugian materiil ditaksir mencapai Rp. 50 juta dari kedua rumah, yaitu kerusakan teras dan dinding belakang rumah roboh.

Menurutnya, kerusakan kedua rumah karena letaknya yang berada di pinggir sawah dan pekarangan warga setempat, sehingga angin langsung menerpa bangunan tanpa adanya penghalang alami yaitu pepohonan.

“Kedua rumah juga cukup jauh dari pemukiman warga lainnya, ditambah dinding bangunan juga belum diplester sehingga kondisinya kurang kuat.

Ditambahkannya, koordinasi dengan pemerintah desa setempat sudah dilakukan untuk bergotong-royong membantu pemilik rumah memperbaiki kerusakan.

Pihaknya bersama Bhabinkamtibmas Siwungkuk juga telah menghimbau warga agar lebih waspada dan segera mengungsi ke tempat yang lebih aman jika terjadi perubahan cuaca yang ekstrim, yaitu hujan disertai angin kencang, termasuk mengurangi cabang-cabang pohon di sekitar pekarangan rumah agar tidak membahayakan bangunan saat diterjang puting beliung. (Aan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed