oleh

Sekretariat JULEHA : Bakesbangpolda Brebes Verifikasi Permohonan Penerbitan SKTL DPD Juru Sembelih Halal 

Brebes – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah (Bakesbangpolda) Kabupaten Brebes melaksanakan Verifikasi pengajuan permohonan penerbitan SKTL (Surat Keterangan Tanda Lapor) untuk Perkumpulan Juru Sembelih Halal (JULEHA) Dewan Pimpinan Daerah Kabupaten Brebes dimana Sekretariat berada di jalan Kaliluwih No. 19 RT. 01 RW. 04 Desa Wanasari, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Kamis (08/12/2022).

Tim verifikasi dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Kabupaten Brebes yaitu Kukuh Prasetyio selaku Kabid Poldagri dan Ormas beserta Kasubid Ormas Warseno beserta Staf Poldagri dan Ormas mengunjungi kantor Sekretariat DPD Juleha Brebes.

Kegiatan verifikasi tersebut bertujuan terutama legalitas keberadaan Perkumpulan atau Ormas, Kepengurusan Ormas, Visi dan Misi Ormas agar kedepannya Ormas yang sudah terdaftar bisa lebih terdata lagi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Kabupaten Brebes. Dengan hasil bahwa Perkumpulan DPD Juleha Kabupaten Brebes  secara administrasi, legalitas sudah memenuhi syarat untuk di terbitkan SKTL Karena sudah mempunyai Kantor Sekertariat, sudah ada susunan kepengurusan yang di tunjuk oleh DPW Juleha Jawa Tengah Eri Gunarto (Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Juru Sembelih Halal Provinsi Jawa Tengah).

“Kami bersama Tim Verifikasi dari Bakesbangpolda Kabupaten Brebes sudah melihat secara langsung keberadaan DPD Juleha Brebes, dimana kelangkapan administrasi sudah lengkap semuanya, lebih-lebih perkumpulan Juleha ini ternyata sudah memiliki seragam sendiri dengan menggunakan almamater peci Juleha dan seragam keren lengkap dengan atributnya di dada kaka ada nama dan di dada kiri ada nama Juleha, ini memandakan bahwa perkumpulan Juleha Brebes sudah siap untuk membantu pemerintah kabupaten Brebes dalam membangun sesuai bidangnya”. Ujar Kukuh Prasetyio.

Ketua DPD Juleha Brebes Chasan Mudhofar yang kesehariannya menjadi Juleha di Rumah Potong Hewan (RPH Jatibarang) menyambut baik kehadiran Tim Verifikasi beserta dengan Tim dari Kodim 0713 Brebes dan Polres Brebes, harapannya kedepan DPD Juleha Brebes ikut andil dalam membangun Brebes dalam Syiarnya menjadi Juru Sembelih Halal.

“Saya ucapakan selamat datang di Sekretariat DPD Juleha Brebes, mohon bimbingan dan arahan kepada kami Perkumpulan Organisasi baru dimana perlu dan butuh sekali masukan agar Juleha di Brebes bisa memberikan warna dan peran sesuai bidang kami”. Tutur Opang sapaan akrabnya Chasan Mudhofar.

Sementara Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes drh. Ismu Subroto, M.Si ditempat lain saat dikonfirmasi bahwa DPD Juleha Brebes merupakan anak kandung DPKH disamping Kemenag dan MUI serta Dinas Ketenagakerjaan.

“DPD Juleha Brebes dilantik 9 September 2022 di Pendopo Kabupaten Brebes yang disaksikan Forkopimda dan sejumlah undangan terkait lainnya serta 200 Juleha yang ada dikabupaten Brebes”. Papar Kadin DPKH.

Seperti yang telah dilaksanakan oleh DPD Juleha Brebes bahwa sudah melakukan terobosan baru diantaranya setelah dilantik 2 bulan lalu, DPD Juleha sudah mengadakan Bimbingan Tknis Juleha 2 Gelombang yaitu tanggal 8-9 September dan 29-30 Nopember 2022 yang bertempat di kantor DPKH Brebes dan Praktek di RPH Jatibarang berkerjasama dengan DPKH, Kemenag, MUI, Baznas dan UGM.

“Alhamdulillah kini DPD Juleha sudah memiliki Sekretariat di Wanasari, sedangkan Call Centre ada di Kantor DPKH Brebes, ini semuanya akan membantu dalam memberikan kiprah positifnya kepada pemerintah kabupaten Brebes dalam syiar Islam dibidang Juru Sembelih Halal”. Imbuh drh. Ismu.

Kegiatan Verifikais oleh Bakesbangpolda Brebes dilanjutkan dengan memeriksa rencana kegiatan dari tahun 2022 hingga 2024 serta dokumentasi kegiatan dan memperlihatkan alat perlengkapan Juru Sembelih Halal diantaranya Pisau Sembelih, Golok Sembelih, Pisau Seset/Fileter dan Talia tau tambang kambing dan sapi.(Pendim0713).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed