oleh

Mitigasi Bencana, Warga Bareng TNI-Polri Bersihkan Saluran Air

Brebes – Warga masyarakat Desa Dukuhwringin, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, bersama anggota Koramil 03 Wanasari Kodim 0713 Brebes dan juga Polsek Wanasari, bergotong-royong membersihkan saluran air di area pemukiman warga. Rabu (24/11/2021).

Mereka juga membersihkan rerumputan di bahu jalan di RR. 10 RW. 03 sepanjang 600 meter, dengan tujuan agar lingkungan tampak rapi.

Terpisah, di Sungai Sigeleng yang merupakan perbatasan antara Kelurahan Limbangan Wetan dan Kulon, juga telah dilakukan kerja bakti pengangkatan eceng gondok sebagai upaya mitigasi bencana banjir di musim penghujan 2021.

Disampaikan Danramil 01 Brebes, Kapten Infanteri Kunpriyanto SE, kegiatan peduli lingkungan itu sangat penting untuk melancarkan aliran air ke muara Pantai Randusanga Indah (Parin) apabila terjadi debit air tinggi akibat hujan deras.

“Jika saluran drainase lancar maka air diharapkan tidak meluap ke pemukiman warga dan merusak infrastruktur jalan,” ujarnya.

Menurutnya, dengan tingginya intensitas hujan yang diprediksi sampai akhir Desember 2021 ini, maka upaya-upaya serupa sangat penting dilakukan terutama di desa-desa/kelurahan di sepanjang aliran sungai.

Danramil menambahkan, selain kedua tujuan tersebut, pembersihan saluran air juga untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan lebih menumbuhkan kepedulian mereka akan lingkungannya (tanggap bencana).

“Jika air menggenangi pemukiman penduduk maka dapat menimbulkan berbagai macam penyakit kulit dan penyakit yang ditularkan melalui perantaraan nyamuk,” imbuhnya. (Aan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed