oleh

Puluhan Ketua RT/RW Adisana Brebes Ditingkatkan Kapasitasnya

Brebes – Sebanyak 46 Ketua RT dan RW se Desa Adisana, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengikuti peningkatan kapasitas RT/RW yang diselenggarakan pemerintah desa setempat di Bukit Sege Indah Adisana. Kamis (25/11/2021).

Kasi Pemerintahan Kecamatan Bumiayu, N Priyanto S dalam arahannya menyampaikan, RT dan RW mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis karena keberhasilan pembangunan Pemda salah satunya tergantung dari kontribusi para ketua RT dan RW.

“Ketua RT dan RW merupakan garda terdepan atau ujung tombak penyelenggaraan pembangunan Pemda, karena mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, ketua RT dan RW juga sebagai penyalur kebijakan Pemda, dan di sisi lainnya berperan sebagai penyalur aspirasi masyarakat. Oleh karena itu keduanya harus nyambung, maka mereka harus mengetahui, memahami dan dapat mensosialisasikan berbagai program yang dilaksanakan pemerintah, khususnya Pemkab Brebes.

Jadi mereka adalah mitra pemerintah desa dalam membantu pelaksanaan fungsi penyelenggaraan pemerintahan desa, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

Priyanto berharap dengan pembekalan itu maka kedepannya para Ketua RT/RW di Desa Adisana dapat lebih profesional dalam mendorong percepatan pembangunan di Brebes.

Sementara itu disampaikan Babinsa setempat dari Koramil 08 Bumiayu Kodim 0713 Brebes, Serda Eko Prasetyo, bahwa para ketua RT/RW juga merupakan mitra Linmas dalam memelihara Kamtibmas di desa agar aman dan kondusif sehingga roda pembangunan Pemdes dapat berjalan dengan baik.

Selaku aparat keamanan di desa bersama Bhabinkamtibmas, Serda Eko meminta agar para ketua RT/RW itu juga membantu tugas mereka, yaitu lapor cepat jika mendengar atau melihat adanya kegiatan yang mengarah kepada separatisme maupun terorisme.

Hadir dalam kegiatan itu Camat Bumiayu Eko Purwanto SP, M.Si, Kp, Kades Adisana Komarudin S.Pd, M.Si, Bhabinkamtibmas Adisana Bripda Sholihin, Ketua BPD Adisana Faqih Maftuh, dan Ketua LPM Adisana Aris Lukito. (Aan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed